Penerapan Internet Of Things (Iot)

Pertanian

Ada berbagai jenis aplikasi IOT di sektor pertanian. Beberapa dari mereka termasuk mengumpulkan data tentang suhu, curah hujan, kelembaban, kecepatan angin, serangan hama dan beban tanah. Data ini dapat digunakan untuk mengotomatisasi teknik pertanian.

Kemudian dapat juga digunakan untuk membuat keputusan (pengambilan keputusan) berdasarkan informasi yang tersedia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas, meminimalkan risiko dan pemborosan, dan mengurangi upaya yang diperlukan untuk mengelola pabrik.

Misalnya, petani sekarang dapat memonitor suhu dan kelembaban tanah dari jarak jauh dan bahkan menerapkan data yang diperoleh IoT untuk program pemupukan yang lebih akurat.

Energi

Sejumlah besar perangkat yang menggunakan energi (seperti sakelar, soket, penerangan, televisi, dll.) Sekarang dapat diintegrasikan dengan konektivitas internet. Lalu apa dampaknya? Integrasi ini memungkinkan mesin atau jaringan untuk berkomunikasi ketika menyeimbangkan pembangkit listrik dan penggunaan energi yang lebih efisien atau efektif.

Perangkat ini juga dapat memungkinkan akses kontrol eksternal dari pengguna, atau dapat juga dikelola dari satu pusat melalui antarmuka berbasis cloud. Selain itu, ia juga dapat mengaktifkan fungsi-fungsi seperti penjadwalan (misalnya, untuk menghidupkan / mematikan pemanas, mengoperasikan oven, mengubah kondisi cahaya dari jelas menjadi lemah menjadi gelap, dll.).

Dengan IoT di bidang ini, sistem dapat mengumpulkan dan memproses informasi terkait energi dan energi untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi listrik.

Lingkungan

Aplikasi pemantauan lingkungan IOT biasanya menggunakan sensor untuk membantu memastikan perlindungan lingkungan.

Misalnya seperti apa? Aplikasi mereka, misalnya dengan memantau kualitas udara atau air, kondisi atmosfer atau kondisi tanah, bahkan mungkin termasuk pemantauan satwa liar dan habitatnya. Bukan hanya itu sebenarnya.

IoT ini juga dapat digunakan dalam manajemen bencana seperti Tsunami atau sistem peringatan dini untuk gempa bumi. Ini tentu bisa sangat berguna. Perangkat IoT dalam hal ini berarti ia memiliki jangkauan geografis yang sangat luas dan dapat bergerak.

Otomatisasi Rumah

Perangkat IoT juga dapat digunakan untuk memantau dan mengendalikan sistem mekanik, listrik, dan elektronik yang digunakan di berbagai jenis bangunan (misalnya, industri Anda atau rumah Anda sebagai ruang tamu).

Alat atau pengembangan IoT ini juga dapat melacak konsumsi energi secara real time untuk mengurangi konsumsi energi. Tidak hanya itu, ia bahkan bisa memantau penghuninya. Sebagai contoh? Begitu Anda memasuki rumah di malam hari, lampu menyala.

Segera setelah Anda memasuki jadwal tidur, lampu dimatikan secara otomatis. Di pagi hari, kebun Anda diresapi air oleh mesin sprinkler otomatis. Hal yang sama berlaku untuk lemari es Anda yang dapat memesan suplai makanan Anda sendiri ketika itu kosong. Semuanya dapat diintegrasikan ke dalam sistem rumah pintar.

Medis dan kesehatan

IoT akan dikembangkan lebih lanjut di dunia kedokteran dan kesehatan. Bahkan, semua data kesehatan Anda dapat ditransfer langsung ke staf medis dan rumah sakit di kemudian hari.

Data yang dapat dideteksi dan dikirim, seperti detak jantung, gula darah, dan sebagainya. Ponsel cerdas / ponsel pribadi Anda adalah alat pemantauan kesehatan tingkat lanjut dan tentunya dapat sangat membantu Anda.

Perangkat IoT yang ada bahkan dapat memberikan peringatan ketika kesehatan Anda memburuk atau memberikan saran perawatan dan bahkan membuat janji dengan dokter.

Bahkan, berbagai teknologi IoT canggih telah dikembangkan dan diterapkan di bidang ini. Misalnya, tempat tidur pintar yang dapat secara otomatis memperingatkan dokter / perawat ketika seorang pasien ingin turun dari tempat tidur, dll.

Menurut laporan oleh Goldman Sachs pada tahun 2015, jenis alat kesehatan ini dapat menyelamatkan negara dari anggaran kesehatan yang berlebihan.

Transportasi

IoT dapat membantu orang-orang dengan integrasi komunikasi, kontrol, dan pemrosesan informasi dalam berbagai sistem transportasi yang ada.

Penerapan IoT memang terus diperluas ke berbagai aspek sistem transportasi. Tidak hanya teknologi mesin, yaitu kendaraan, tetapi juga infrastruktur, dan referensi ke fungsi pengemudi / pengguna.

Interaksi dinamis yang terjadi antara komponen berasal dari sistem transportasi. Sistem ini membuat komunikasi antar dan dalam kendaraan, kontrol lalu lintas menjadi lebih efektif karena digolongkan sebagai cerdas, parkir lebih pintar, logistik dan manajemen armada, kontrol kendaraan, dan juga terkait dengan aspek keselamatan.

bilabil.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>