Pemanfaatan Sabut Kelapa Sebagai Bahan Organik

Pemanfaatan Serat Kelapa sebagai Sumber Kalium Organik
Sabut kelapa adalah produk sampingan dari kelapa yang memiliki potensi yang cukup besar. Saat ini penggunaannya masih terbatas pada kerajinan, bahan bakar dan media tanam. Padahal, jika dikembangkan lagi, sabut kelapa ini bisa dijadikan pupuk yang bisa menyuburkan tanah dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.

Sabut kelapa dapat dibuat menjadi pupuk dalam bentuk pupuk organik cair. Sabut kelapa memiliki ketebalan sekitar 5-6 cm yang terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam. Sabut kelapa ini mengandung 10,25% kalium sehingga dapat menjadi sumber alternatif kalium organik untuk menggantikan pupuk KCl.

Komposisi kimiawi serat kelapa ini meliputi selulosa, lignin, asam pirolige, gas, arang, tar, tanin, dan kalium. Dalam satu kelapa, biasanya menghasilkan 0,4 kg serat yang mengandung 30% serat yang kaya akan unsur.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat pupuk organik cair dengan serat kelapa. Sebelumnya, perlu juga menyiapkan bahan dan alat lain untuk melengkapi proses pembuatan.

Alat dan bahan seperti:

Wadah (ember bekas / tong / jerigen)
Golok / golok
Sabut 1 kg (kering)
100 gram gula merah
EM4 100 ml
10 liter air

Selanjutnya, metode untuk membuatnya sendiri adalah dengan:

Potong serabut kelapa menjadi potongan-potongan kecil dan kemudian masukkan ke dalam wadah (jerigen).
Setelah itu, larutkan gula merah dengan 10 liter air dan tambahkan EM4
Selanjutnya, tuangkan larutan homogen ke dalam wadah berisi potongan sabut kelapa dan ditutup rapat.
Simpan wadah berisi larutan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, selama sekitar dua minggu.
Tutup wadah dapat dibuka setiap pagi selama beberapa detik untuk menghilangkan gas yang muncul.
Jika baunya seperti selotip dan air rendaman telah berubah warna agak coklat kehitaman atau kuning gelap, POC telah berhasil difermentasi dan siap diaplikasikan ke tanaman.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>